Siri Pembunuhan Kaum Mujassimah Terhadap Ulama Ahlussunnah Wal Jamaah
Banyak kisah pembunuhan lain yang belum diceritakan dan dengan fakta-fakta ini, maka benarlah kata-kata ulama bahawa nama Imam Ahmad dirosakkan sebahagian pengikutnya, siapakah pengikutnya yang merosakkan nama Imam Ahmad? siapakah pemgikut Imam Ahmad yang menisbatkan diri mereka sebagai pengikut Imam Ahmad tetapi dibantah para Ulama?
Al-Imam al-Hafizh Abu Hafsh Ibnu Syahin, sahabat al-Imam al-Hafizh al-Daraquthni, seorang ahli hadits Ahlussunnah Wal-Jama’ah berkata:
رَجُلاَنِ صَالِحَانِ بُلِيَا بِأَصْحَابٍ سُوْءٍ جَعْفَرُ بْنِ مُحَمَّدٍ وَأَحْمَدُ بْنِ حَنْبَلٍ
Dua tokoh besar yang sholeh, nama baiknya telah dirusak oleh para pengikut yang jahat, yaitu al-Imam Ja’far bin Muhammad al-Shadiq dan Imam Ahmad bin Hanbal.”
1. Pembunuhan terhadap al-Imam Abu Bakar Furak al-Asy’ari.
ودعي إلى مدينة غزنة، وجرت له بها مناظرات، وكان شديد الرد على ابن كرام- المجسم – ، ثم عاد إلى نيسابور، فسم في الطريق- أي مات مسموما – ، فمات بقرب بست، ونقل إلى نيسابور، ومشهده بالحيرة يزار، ويستجاب الدعاء عنده
“ Beliau diundang ke kota Guznah, dan terjadilah perdebatan di sana. Beliau orang yang sangat menentang Ibnu Karram (al-Mujassim). Kemudian kembali ke Naisabur. Lalu beliau diracun diperjalanan dan wafat dalam keadaan teracuni. Beliau wafat dekat dengan Bast, dan dipindah ke Naisabur. Masyhad (makam) beliau ada di Hirah dan diziarahi, dan terkabulkan doa di sisi makamnya “.
2. Pembunuhan terhadap al-Imam al-Buuri asy-Syafi’i dan jama’ahnya.
Al-Imam Ibnul Atsir bercerita :
وفيها مات البوري الفقيه الشافعي، تفقه على محمد بن يحيى، وقدم بغداد ووعظ، وكان يذم الحنابلة، وكثرت أتباعه، فأصابه إسهال، فمات هو وجماعة من أصحابه، فقيل: إن الحنابلة أهدوا إليه حلوى فمات هو وكل من أكل منها
“ Dan di tahun 567 Hijriyyah, wafatlah ulama ahli fiqih yaitu al-Buuri asy-Syafi’i. beliau belajar fiqih kepada Muhammad bin Yahya. Datang ke Baghdad dan memberi nasehat. Beliau telah mencela kaum Hanabilah (yang mujassimah) di dalam majlisnya dan semakin banyak pengikutnya, lalu beliau terkena sakit perut (keracunan makanan), maka beliau wafat dan beberapa pengikutnya yang bersamanya. Dikatakan bahwa kaum Hanabilah memberikan hadiah manisan kepada beliau, maka beliau wafat dan orang-orang yang ikut makan bersamanya.
3. Pembunuhan terhadap al-Imam Fakhruddin ar-Razi.
وتوفى الإمام الرازى سنة 606 من الهجرة ، قيل فى سبب وفاته أنه مات مسموما ، لخلاف بينه وبين الكرامية فى أمور العقيدة حتى كفرهم فسموه ومات بسبب ذلك
“ Imam Fakhruddin ar-Razi wafat tahun 606 Hijriyyah, dikatakan penyebab beliau wafat adalah kerana diracun, disebabkan perseteruan antara beliau dan kaum Karomiyyah dalam perkara akidah, sehingga beliau mengkafirkan mereka dan mereka meracuni beliau hingga wafat “
3. Pembunuhan terhadap syaikh Marbad bin Hamd at-Tamimi.
Beliau dibunuh di kota Raghbah saat kembali pulang dari berkunjung ke tempat syaikh ash-Shan’ani dari Shan’a. Dengan keperluan menyadarkan syaikh ash-Shan’ani tentang pujiannya kepada Muhammad bin Abdul Wahhab. Maka syaikh ash-Shan’ani sadar dan menarik kembali pujiannya tersebut.
4. Syaikh Abdullah bin Ali bin Amr Alu Rasyid al-Hanbali,
seorang pembesar ulama madzhab Hanbali. Beliau sempat mengarang kitab bantahan terhadap wahabi dengan judul “ ar-Radd al-Munif fi ar-Radd ‘ala Ali Abdil Lathif “. Dengan sebab ini lah beliau wafat dibunuh pihak Abdul Lathif.
5. Hakim Uyainah, Ustman bin Mu’ammir.
Beliau dibunuh oleh Muhammad bin Abdul Wahhab dan para pengikutnya di hari Jum’at selepas sholat jum’at dan masih di dalam masjid di bulan mulia Rajab, dengan tuduhan berkhianat dan murtad. sebagaimana direkod oleh Ibn Ghannam dalam Tarikh Najdnya:
“Ketika umat Islam mengetahui hal itu (pengkhianatan Utsman), maka beberapa orang berencana membunuhnya, di antaranya Hamd bin Rasyid dan Ibrahim bin Zaid. Seusai shalat Jumat, mereka membunuh Utsman di tempat shalatnya di dalam masjid pada bulan Rajab tahun 1163 H.”
Dan masih banyak lagi para ulama Ahlus sunnah yang menjadi korban pembunuhan kaum Mujassimah. Bahkan ribuan kaum muslimin pun turut serta dibunuh oleh mereka.
Ibnu Bisyr an-Najdi al-Wahhabi mengatakan :
“Di tahun 1176 H, Abdul Aziz berangkat bersama pasukan memerangi penduduk Ahsa, lalu singgah di tempat yang terkenal dengan sebutan Muthair di Ahsa. Abdul Aziz membawa tiga puluhan pasukan berkuda, menyerang Ahsa di pagi hari, berhasil membunuh tujuh puluhan penduduknya dan merampas harta yang sangat banyak.”
Ibnu Ghannam al-Wahhabi mengatakan :
“Di tahun 1187 H, Abdul Aziz bersama kaum Muslimin (Wahabi) berangkat menuju kota Riyadh; menentang penduduknya suatu waktu dengan memeranginya setiap hari, sehingga kaum Muslimin (Wahabi) menguasai sebahagian benteng dan menghancurkannya; menghancurkan menara-menara tingginya; dan membunuh banyak penduduknya. Dari Kaum muslimin (Wahabi) yang terbunuh 12 orang di antaranya Aqil bin Nashir dan Sulthan bin Hafitan.”
Banyak kisah pembunuhan lain yang belum diceritakan dan dengan fakta-fakta ini, maka benarlah kata-kata ulama bahawa nama Imam Ahmad dirosakkan sebahagian pengikutnya, siapakah pengikutnya yang merosakkan nama Imam Ahmad? siapakah pemgikut Imam Ahmad yang menisbatkan diri mereka sebagai pengikut Imam Ahmad tetapi dibantah para Ulama?
Al-Imam al-Hafizh Abu Hafsh Ibnu Syahin, sahabat al-Imam al-Hafizh al-Daraquthni, seorang ahli hadits Ahlussunnah Wal-Jama’ah berkata:
رَجُلاَنِ صَالِحَانِ بُلِيَا بِأَصْحَابٍ سُوْءٍ جَعْفَرُ بْنِ مُحَمَّدٍ وَأَحْمَدُ بْنِ حَنْبَلٍ
Dua tokoh besar yang sholeh, nama baiknya telah dirusak oleh para pengikut yang jahat, yaitu al-Imam Ja’far bin Muhammad al-Shadiq dan Imam Ahmad bin Hanbal.”
1. Pembunuhan terhadap al-Imam Abu Bakar Furak al-Asy’ari.
ودعي إلى مدينة غزنة، وجرت له بها مناظرات، وكان شديد الرد على ابن كرام- المجسم – ، ثم عاد إلى نيسابور، فسم في الطريق- أي مات مسموما – ، فمات بقرب بست، ونقل إلى نيسابور، ومشهده بالحيرة يزار، ويستجاب الدعاء عنده
“ Beliau diundang ke kota Guznah, dan terjadilah perdebatan di sana. Beliau orang yang sangat menentang Ibnu Karram (al-Mujassim). Kemudian kembali ke Naisabur. Lalu beliau diracun diperjalanan dan wafat dalam keadaan teracuni. Beliau wafat dekat dengan Bast, dan dipindah ke Naisabur. Masyhad (makam) beliau ada di Hirah dan diziarahi, dan terkabulkan doa di sisi makamnya “.
2. Pembunuhan terhadap al-Imam al-Buuri asy-Syafi’i dan jama’ahnya.
Al-Imam Ibnul Atsir bercerita :
وفيها مات البوري الفقيه الشافعي، تفقه على محمد بن يحيى، وقدم بغداد ووعظ، وكان يذم الحنابلة، وكثرت أتباعه، فأصابه إسهال، فمات هو وجماعة من أصحابه، فقيل: إن الحنابلة أهدوا إليه حلوى فمات هو وكل من أكل منها
“ Dan di tahun 567 Hijriyyah, wafatlah ulama ahli fiqih yaitu al-Buuri asy-Syafi’i. beliau belajar fiqih kepada Muhammad bin Yahya. Datang ke Baghdad dan memberi nasehat. Beliau telah mencela kaum Hanabilah (yang mujassimah) di dalam majlisnya dan semakin banyak pengikutnya, lalu beliau terkena sakit perut (keracunan makanan), maka beliau wafat dan beberapa pengikutnya yang bersamanya. Dikatakan bahwa kaum Hanabilah memberikan hadiah manisan kepada beliau, maka beliau wafat dan orang-orang yang ikut makan bersamanya.
3. Pembunuhan terhadap al-Imam Fakhruddin ar-Razi.
وتوفى الإمام الرازى سنة 606 من الهجرة ، قيل فى سبب وفاته أنه مات مسموما ، لخلاف بينه وبين الكرامية فى أمور العقيدة حتى كفرهم فسموه ومات بسبب ذلك
“ Imam Fakhruddin ar-Razi wafat tahun 606 Hijriyyah, dikatakan penyebab beliau wafat adalah kerana diracun, disebabkan perseteruan antara beliau dan kaum Karomiyyah dalam perkara akidah, sehingga beliau mengkafirkan mereka dan mereka meracuni beliau hingga wafat “
3. Pembunuhan terhadap syaikh Marbad bin Hamd at-Tamimi.
Beliau dibunuh di kota Raghbah saat kembali pulang dari berkunjung ke tempat syaikh ash-Shan’ani dari Shan’a. Dengan keperluan menyadarkan syaikh ash-Shan’ani tentang pujiannya kepada Muhammad bin Abdul Wahhab. Maka syaikh ash-Shan’ani sadar dan menarik kembali pujiannya tersebut.
4. Syaikh Abdullah bin Ali bin Amr Alu Rasyid al-Hanbali,
seorang pembesar ulama madzhab Hanbali. Beliau sempat mengarang kitab bantahan terhadap wahabi dengan judul “ ar-Radd al-Munif fi ar-Radd ‘ala Ali Abdil Lathif “. Dengan sebab ini lah beliau wafat dibunuh pihak Abdul Lathif.
5. Hakim Uyainah, Ustman bin Mu’ammir.
Beliau dibunuh oleh Muhammad bin Abdul Wahhab dan para pengikutnya di hari Jum’at selepas sholat jum’at dan masih di dalam masjid di bulan mulia Rajab, dengan tuduhan berkhianat dan murtad. sebagaimana direkod oleh Ibn Ghannam dalam Tarikh Najdnya:
“Ketika umat Islam mengetahui hal itu (pengkhianatan Utsman), maka beberapa orang berencana membunuhnya, di antaranya Hamd bin Rasyid dan Ibrahim bin Zaid. Seusai shalat Jumat, mereka membunuh Utsman di tempat shalatnya di dalam masjid pada bulan Rajab tahun 1163 H.”
Dan masih banyak lagi para ulama Ahlus sunnah yang menjadi korban pembunuhan kaum Mujassimah. Bahkan ribuan kaum muslimin pun turut serta dibunuh oleh mereka.
Ibnu Bisyr an-Najdi al-Wahhabi mengatakan :
“Di tahun 1176 H, Abdul Aziz berangkat bersama pasukan memerangi penduduk Ahsa, lalu singgah di tempat yang terkenal dengan sebutan Muthair di Ahsa. Abdul Aziz membawa tiga puluhan pasukan berkuda, menyerang Ahsa di pagi hari, berhasil membunuh tujuh puluhan penduduknya dan merampas harta yang sangat banyak.”
Ibnu Ghannam al-Wahhabi mengatakan :
“Di tahun 1187 H, Abdul Aziz bersama kaum Muslimin (Wahabi) berangkat menuju kota Riyadh; menentang penduduknya suatu waktu dengan memeranginya setiap hari, sehingga kaum Muslimin (Wahabi) menguasai sebahagian benteng dan menghancurkannya; menghancurkan menara-menara tingginya; dan membunuh banyak penduduknya. Dari Kaum muslimin (Wahabi) yang terbunuh 12 orang di antaranya Aqil bin Nashir dan Sulthan bin Hafitan.”
Tiada ulasan:
Catat Ulasan